• Jl. K.L Yos Sudarso, Km. 6,5 No. 3A, Tanjung Mulia, Medan
  • +6282181010770

BERITA SEMPRO PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 2024

berita-sempro-pendidikan-bahasa-inggris-2024

SEMPRO JAMIN KESIAPAN MAHASIWA MELAKUKAN PENELITIAN

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Universitas Potensi Utama mengadakan acara Seminar Proposal atau lebih dikenal dengan singkatan Sempro pada Jum’at/ 1 Maret 2024 dan Senin/ 4 Maret 2024. Acara ini diikuti oleh 21 orang mahasiswa PBI stambuk 2020 yang merupakan angkatan ke-6.

Sempro merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh prodi PBI pada semester 7 setelah sebelumnya mahasiswa melakukan Program Pengenalan Lapangan Persekeolahan (PLP). Kurikulum PBI dirancang agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu yaitu 4 tahun. Kegiatan penyusunan skripsi dilaksanakan selama 2 semester. Dengan strategi ini, mahasiwa memiliki waktu yang ideal untuk dapat melakukan proses bimbingan, seminar proposal, melakukan penelitian dan menyusun laporan penelitiannya.

Dalam pembukaan sempro tersebut, Kaprodi PBI, Ibu Enni Maisaroh, S.Pd.,M.Hum menyampaikan bahwa Seminar Proposal bertujuan untuk memastikan kesiapan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Dia juga berpesan agar mahasiswa dapat memberikan yang terbaik pada kegiatan sempro ini dan segera merevisi jika ada kesalahan dan masukan dari reviewer.

Topik penelitian yang diangkat mahasiswa pada kegiatan sempro ini juga beragam tapi tetap mengacu kepada roadmap/ peta jalan di prodi pendidikan bahasa Inggris. Sejumlah mahasiswa melakukan Penelitian Tindakan Kelas/ PTK, dan ada juga yang melakukan penelitian eksperimen menguji strategi pembelajaran dan Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris. Tidak hanya terbatas pada topik tentang pembelajaran, Terdapat juga mahasiswa yang tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif yang mengangkat analisa lingusistik seperti error analysis dan syntactical analysis dan bahkan ada juga yang menganalisa makna/ Semantic Analysis dari lagu pop barat, tambah Enni.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan, Bapak Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum. menyatakan bahwa Sempro juga bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian sesuai dengan kaidah penulisan akademik. Pada forum ini mahasiswa berdiskusi dan mendapatkan masukan yang positif dari dosen penguji dan pembimbing yang sangat penting untukkeberhasilan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Kegiatan ini juga menguji mental dan kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan, menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari reviewer.

Ashari menambahkan, “Sempro merupakan realisasi pencapaian visi keilmuan prodi dan visi Fakultas. “Pada tahun 2035, Menjadi Fakultas yang Unggul di Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan berbasis digitalisasi dan teknologi informasi dan komunikasi, serta Mampu Berperan Aktif di Tingkat Nasional dan Internasional.”

Media Pembelajaran Modified Word of Wonders Game untuk Pembelajaran Kosakata karya mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Potensi Utama